(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS;Ali-Imran ; 191)
Selasa, 05 Januari 2010
Tips Mengelola Emosi Marah
Assalamu’alaikum wr.wb
Shahabatku yang baik…
Sungguh terlihat kebahagiaan bagi pribadi-pribadi yang memuliakan dirinya. Kecemerlangan hidup, terbukti dari paras wajahnya yang bercahaya. Tutur kata santun yang terucap, merupakan ukiran makna yang terpilih dari gabungan huruf-huruf semangat, dan Senyum indah selalu merekah, pada bibirnya. Semoga dia itu adalah dirimu...
Marah... 5 huruf terukir dari 2 huruf vokal dan ditemani 3 konsonan. Fitrah manusia, Allah titipkan perasaan itu dalam diri kita. Tentu apapun penciptaan pada diri manusia, tiadalah sia-sia dijadikanNya.
Sementara Kemarin saya menuliskan diwall Facebook ;”Tahun 2009 yang telah lewat, berapakali anda MARAH, sehingga menjadi pembelajaran hidup bagi anda, akibat kemarahan Anda....?”
Waduh...mas, berkali-kali aku gagal hingga ,2009 jg gagal..tp insya Allah aku percaya Allah sayang sm aku...
iiiih w emang agak sering marah, en emang lg belajar to lebih sabar lagi. doakn sukses ya! :-)
Saya tidak tau bagaimana dengan pendapat anda? Kesempatan ini, saya ingin berbagi dengan anda. Bagaimana cara mengelola emosi marah, agar kita tetap tenang tanpa marah dalam menyikapi persoalan.
Saat saya tulis note ini, Kondisi kesel hingga marah baru saja terjadi sama saya. Alhamdulilah ada satu pola (metode) yang bisa membantu saya, agar tetap tenang. barangkali ini juga bermanfaat bagi anda. Apabila ada kondisi, situasi ataupun hal yang mengundang atau membuat anda menjadi marah. Mak hadirkanlah pertanyaan berikut ini...
Apa yang saya inginkan dari kondisi (perasaan marah) ini?
Apakah ini (marah) bermanfaat bagi saya?
Setiap kejadian (pemicu marah) pasti ada hikmahnya,
Apa hikmahnya bagi saya?
Apa akibatnya jika saya terus marah?
Bagaimana sewajarnya saya menyikapi persoalan, yang membuat saya Marah?
Dengam menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Alhamduilllah saya tetap tenang dan damai. Mungkin saja cara ini belum tentu cocok buat anda, dan saya akui metode ini pun ampuh pada konteks tertentu pula. Dan sebagaimana kita tau bersama, kita tidak pernah tau, keberhasilan suatu cara sebelum kita mencobanya, betul...?
Selamat mencoba ya. Semoga tahun 2010, Anda dan saya lebih sabar dan Bahagia...
PEMBICARA PUBLIC SPEAKING
Yang biasa diundang oleh: Perusahaan, Kementerian, Lembaga Pemerintah, Organisasi, Yayasan, Perguruan Tinggi, Kampus, Sekolah, Paguyuban, Perkumpulan, Komunitas, Rumah sakit, NGO, Kelompok, Startup, UMKM, Group, MLM, Asuransi, LSM, dan Perorangan untuk memberikan pelatihan public speaking kepada para staf dan pimpinan.
PEMATERI PUBLIC SPEAKING
Untuk tema dan topik: Presentation Skill, Public Speaking Untuk Bisnis Presentasi, Public Speaking Untuk Sambutan, Public Speaking Untuk Mengajar, Public Speaking Untuk Laporan, Public Speaking Untuk Komunikasi Bisnis, Public Speaking Untuk Moderator, Public Speaking Untuk MC, Public Speaking Untuk Host, Public Speaking Untuk Sosialisasi, Public Speaking Untuk Lomba, Public Speaking Untuk Lomba Duta Perusahaan, Public Speaking Untuk Memimpin Rapat, Public Speaking Untuk Kampanye, dan Public Speaking Untuk Trainer.
NARASUMBER PUBLIC SPEAKING
Untuk Pemerintahan: ESDM, Keuangan, Pendidikan dan Kebudayaan, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata dan Ekonomi, Komunikasi dan Informasi, Hukum dan HAM, Mabes Polri, Pemda Jawa Barat, Dirjen Pajak, Bea dan Cukai, BKKBN, BPOM, dll.