Senin, 07 Desember 2009

Hadir, Tidak , Mungkin ...

Assalamu'alaikum wr.wb


Shahabatku yang baikā€¦

Semoga kabar anda adalah keceriaan dan kebahagiaan. Aktivitas yang sedang anda kerjakan sekarang, merupakan pembuka pintu-pintu datangnya rezeki dari arah yang tak pernah kita duga.

Hadir, Tidak dan Mungkin. Bukanlah kata baru terlihat dan berbunyi ditelinga kita. Seiring rutinnya kehadiran anda menyapa teman-teman di FB, begitu pula keseringan bertemunya pemberitahuan: apakah pemberitahuan anda, Hadir, Tidak atau Mungkin.

Saya ingin memperjelas kata-kata itu. Pemberitahuan yang diinformasikan oleh shahabat kita. Atau informasi yang saya kabarkan, dibuka layanan konsultasi Online lewat YM : rahmad_aceh@yahoo.com yang anda dan saya dapatkan lewat FB. Diberikan pilihan untuk memutuskan Hadir,Tidak atau Mungkin.

Sementara, setiap kali saya mendapatkan informasi. Saya memilih mungkin. Dan keseringan infonya adalah mengenai pelatihan. Undangan-undangan itu, terkadang sudah pernah saya ikuti, sehingga belum tumbuhnya Niat dan minat saya untuk mengikutinya kembali. Biasanya pemberitahuannya saya putuskan dengan pilihan MUNGKIN.

Asumsi saya. Memilih mungkin adalah penghormatan, menghargai undangan yang diberikan. Walau sebenarnya saya tidak mau mengatakan, untuk tidak. Dan kata mungkin penolakan yang halus. Menurut saya.

Syukur alhmadulillah. Hari ini saya tersadarkan. Ternyata cara yang saya lakukan selama ini, keliru atau kurang tepat. Karena dalam mengambil sikap dan perilaku, saya hanya melihat, memandang dan merasakan dari sudut yang diundang. Namun, apabila saya mengambil posisi dipihak pengundang. Ternyata, jawaban Mungkin adalah jawaban ambigu. Sehingga ini menjadi masalah dan beban baru baginya.

Karena, apabila disiapkan kursi kehadiran bagi yang MUNGKIN. Tentu menyiapkan pula konsumsi. Dimana konsumsi merupakan Fix cost dalam kegiatan pelatihan. Celakannya jika tidak hadir, maka itu tetap menjadi beban. Sebaliknya, apabila tidak dicadangkan. Yang diundang hadir, konsumsinya tidak cukup. Service pelatihan tentu menjadi kurang nyaman. Selanjutnya menjadi serba salah.

Oleh karena itu. Saya meminta maaf kepada rekan-rekan yang pernah mengundang dan saya jawab MUNGKIN. Bisajadi jawaban saya adalah masalah bagi anda. Dan bagi shahabat yang baik. Bagaimana dengan anda ?

Bogor 8 Desember 2009

Label:


Komentar: Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]